Profil Sekolah

SMK Muhammadiyah Slawi merupakan SMK yang awalnya sekolah yang berorientasi pariwisata yaitu kompetensi keahlian Perhotelan dan Usaha Perjalanan Wisata berdiri tahun 1999. Dengan berkembangnya waktu SMK Muhammadiyah Slawi bertambah lagi 2 program keahlian yaitu Akuntansi dan teknik Komputer dan Jaringan tahun 2004 sampai sekarang.

Kondisi Sosial Masyarakat di era pasar bebas mempengaruhi perubahan lingkungan sosial ekonomi serta memobilisasi SDM Kabupaten Tegal secara bebas pula. Hal ini benar-benar menjadi tantangan dalam membangun pendidikan ke depan, sementara SDM yang dimiliki  cukup berkompetitif untuk memenuhi persaingan.

Kondisi Ekonomi Masyarakat secara makro masyarakat Tegal meningkat dengan kualitas hidup yang lebih merata dan jaminan terpenuhinya kebutuhan-kebutuhan paling dasar. Munculnya pasar modern seperti banyaknya toko swalayan dan kemudahan akses dari kota Kabupaten Tegal adalah pertanda roda ekonomi Kabupaten Tegal maju dengan pesat, sehingga membutuhkan tenaga-tenaga kerja yang terampil.

Dinamika pertumbuhan ekonomi masyarakat Tegal yang diprediksikan pada masa akan datang menyebabkan perubahan-perubahan struktural dalam tata kehidupan. Juga perubahan-perubahan fungsi lembaga yang harus menyesuaikan dengan perkembangan dari semua aspek kehidupan.

Kondisi Geografis Lingkungan Sekolah yang edukatif , kondusif, jauh dari hiruk pikuk keramaian  dan terluas di Kabupaten Tegal banyak menunjang proses pengembangan sekolah.  Kondisi lingkungan seperti ini terkelola pula di lingkungan sekolah dengan baik, ini di buktikan dengan keasrian dan keindahan SMK Muhammadiyah Slawi yang memanfaatkan area yang masih ada. Secara geografis SMK Muhammadiyah Slawi berada 7  Km dari pusat Kabupaten Tegal dan  terdapat kemudahan untuk menuju Sekolah ini.

Pengembangan Teaching Factory (TEFA) adalah pembelajaran yang berorientasi produksi dan bisnis. Pembelajaran melalui TEFA adalah proses penguasaan keahlian atau keterampilan yang dilaksanakan berdasarkan prosedur dan standar bekerja yang sesungguhnya untuk menghasilkan produk atau jasa yang dipesan oleh konsumen, Baru akan dilaksanakan.